Tugas Softskill 1 (10 Oktober 2012)

Standard

Nama                          : Putu Citra Gani

NPM                            : 15112797

KELAS                         : 1KA20

MATA KULIAH       : Ilmu Sosial Dasar (softskill)

PERANAN KELUARGA PADA PERTUMBUHAN SUATU INDIVIDU

A. PENDAHULUAN

Keluarga adalah lingkup terkecil dari lapisan masyarakat. Keluarga adalah sekelompok individu yang kita jumpai pertama kali untuk proses pembelajaran sosialisasi kita. Terdiri atas ayah, ibu, kakak, dan adik. Dalam keluarga kita tumbuh dan berkembang, belajar untuk mengungkapkan apa yang kita inginkan, apa yang kita suka dan apa yang tidak kita sukai, menyampaikan opini, belajar untuk berbagi, dan masih banyak lagi. Dalam sebuah keluarga kita juga bisa mendapatkan perlindungan, berbagi cerita dan pengalaman, serta cinta kasih dari seluruh anggota keluarga.

Setiap anggota keluarga memiliki peranannya masing-masing. Seorang ayah bertugas mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan kelurganya, ibu bertugas untuk mendidik dan merawat anak-anaknya, sedangkan tugas seorang anak adalah belajar, menuruti nasehat orang tua dan berbudi pekerti luhur agar dapat membawa nama baik keluarga.

Keselarasan atau keseimbangan peranan-peranan yang ada dalam setiap keluarga tentunya akan membawa kita menuju suatu kehidupan yang harmonis. Disisi lain, jika tidak adanya keselarasan antara anggota keluarga, hal ini akan menimbulkan ketidak harmonisannya suatu keluarga. Oleh karena itu, keluarga memegang peranan yang amat penting dalam pertumbuhan suatu individu.

B. PERANAN KELUARGA PADA PERTUMBUHAN INDIVIDU

Keluarga memegang peranan penting dalam pertumbuhan suatu individu (seorang anak). Hal ini dikarenakan keluarga adalah individu-individu yang selalu dijumpai hampir di setiap waktu. Seorang anak tentunya akan meniru semua hal yang dia liat setiap hari. Lama kelamaan hal ini pun akan menjadi suatu kebiasaan dan membentuk karakter dari anak tersebut.

Ia tidak pernah mengerti, mana hal baik ataupun yang buruk. Oleh karena itu keluarga memiliki peranan yang amat penting untuk mendidik sehingga terbentuklah karakter yang baik dan berbudi pekerti luhur. Agar mampu beradaptasi dalam masyarakat.

Keluarga bertanggung jawab mendidik anak-anak dengan benar dalam kriteria yang benar, jauh dari penyimpangan. Untuk itu dalam keluarga memiliki sejumlah tugas dan tanggungjawab. Tugas dan kewajiban keluarga adalah bertanggungjawab menyelamatkan faktor-faktor cinta kasih serta kedamaian dalam rumah, menghilangkan kekerasan, keluarga harus mengawasi proses-proses pendidikan, orang tua harus menerapkan langkah-langkah sebagai tugas mereka.

Agar keluarga itu bisa dikatakan sehat dan bahagia, harus memiliki enam skriteria yang amat penting bagi pertumbuhan seorang anak, yaitu Kehidupan beragama dalam keluarga, mempunyai waktu untuk bersama, mempunyai pola konsumsi yang baik bagi sesama anggota keluarga, saling menghargai satu dengan yang lainnya, masing-masing anggota merasa terikat dalam ikatan keluarga sebagai kelompok bila terjadi sesuatu permasalahan dalam keluarga mampu menyelesaikan secara positif konstruktif. ( http://newjoesafirablog.blogspot.com/2012/05/fungsi-keluarga-bagi-pendidikan-anak.html )

Satu hal yang perlu diperhatikan oleh orang tua adalah pola emosi sang anak. Hal ini amat penting untuk menghadapi seorang anak, apalagi mereka masih dalam kondisi emosional yang labil. Terkadang orang tua sering memaksakan kehendak mereka pada anaknya. Perilaku seperti ini sering kali membuat seorang anak menjadi berusaha untuk menentang aturan yang ada dan berusaha untuk mencari pelarian di tempat lain sebagai pelampiasan. Oleh karena itu, hendaknya segala sesuatu harus didiskusikan dahulu dengan sang anak agar terjadi kesepakatan bersama. Selain itu, jelaskan pula pada anak mengapa mereka harus melakukan hal tersebut. Apa dampak positif dan negatifnya agar mereka bisa mengerti.

 C. KESIMPULAN

Segala suatu yang akan terjadi pada seorang anak adalah sebuah tanggung jawab besar sebuah keluarga terutama peranan orang tua dalam mendidik anaknya. Sebuah keluarga yang harmonis akan terjadi apabila peranan-peranan setiap anggota keluarga dapat berjalan dengan baik. Segala sesuatu didiskusikan bersama, adanya toleransi dan kebebasan mengemukakan pendapat, dan tidak adanya hal yang berjalan secara sepihak.

DAFTAR PUSTAKA

http://newjoesafirablog.blogspot.com/2012/05/fungsi-keluarga-bagi-pendidikan-anak.html

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s